Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat

Identitas Penamaan

Keladi red star secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Caladium bicolor. Secara internasional dalam bahasa Inggris, tanaman ini populer dengan nama heart of Jesus. Selain populer dengan nama heart of Jesus, tanaman ini juga secara internasional banyak dikenal sebagai artist’s pallet

Nama genusnya, Caladium diambil dari nama tanaman berbahasa Melayu yang diubah ke dalam bahasa Latin, kaladi. Sedangkan nama spesifiknya bicolor diartikan sebagai dua warna (Caladium Bicolor - Plant Finder, 2024). 

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Alismatales

Family

Araceae

Genus

Caladium

Species

Caladium bicolor

Asal

Tanaman keladi red star berasal dari wilayah kawasan Amerika Selatan dan Amerika Tengah terutama Costa Rika, Panama, lembah sungai Amazon di Suriname dan di sebagian besar pantai Brazil. Tanaman ini kemudian pertama kali dibawa dari Suriname ke Amsterdam Botanical Garden pada tahun 1704 (J Rojas-Sandoval, 2022).

Kini, tanaman keladi red star telah banyak menyebar di wilayah tropis dan sub tropis di dunia dengan sekitar 1500 kultivar spesiesnya dikembangkan dan dibudidayakan di seluruh dunia.

keladi red star - Caladium bicolor  - 2.jpg

Deskripsi Bentuk dan Habitat

 Keladi red star merupakan tanaman herba yang biasanya tumbuh secara menggumpal dengan ketinggian yang dapat mencapai hingga 76 cm. Daunnya yang berbentuk panah lebar memiliki corak warna yang menarik perhatian dengan variasi nuansa warna hijau berbintik - bintik atau dengan bercak kombinasi merah muda, merah, atau putih. Setiap daunnya kira - kira memiliki ukuran 30 x 20 cm dengan bentuk posisi arah panah yang mengarah ke bawah.

Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh atau teduh di area terbuka atau di habitat lembab di sepanjang sungai dan rawa - rawa. 

Walaupun banyak dijual dan ditanam sebagai tanaman hias, keladi red star juga telah dinyatakan sebagai salah satu tanaman invasif di Trinidad dan Tobago, Guam, Micronesia, Palau, Hawaii dan Filipina. Tanaman ini dapat mengubah komunitas tanaman asli dengan cara menggusur, mengubah struktur komunitas dan fungsi ekologis tanaman asli (J Rojas-Sandoval, 2022).

Kegunaan Lain dan Manfaat Keladi Red Star bagi Kesehatan

Tanaman keladi red star umumnya dibudidayakan dan ditanam sebagai tanaman hias. Tanaman ini kini telah banyak tersebar di banyak belahan dunia termasuk di Indonesia. Meski pun begitu, di daerah asalnya terutama di Amerika Selatan, tanaman keladi red star telah digunakan sebagai salah satu obat tradisional yang dapat membantu mengatasi berbagai penyakit. 

Bubuk tanamannya digunakan untuk mengobati cacat kulit pada wajah. Seluruh bagian daunnya dimaserasi dalam air tawar untuk mandi eksternal guna mengatasi berbagai macam penyakit kulit. Daunnya juga dapat digunakan untuk menghancurkan hama pada luka ternak dalam metode kedokteran hewan (J Rojas-Sandoval, 2022). 

Tanaman ini pula dinyatakan memiliki potensi dalam membantu mengobati penyakit kanker. Potensi ini terutama diambil dari fakta bahwa tanaman keladi red star memiliki beberapa sifat yang diantaranya yaitu antiangiogenik, antioksidan dan sitotoksik (Tosok, 2016). 

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh Salako et al. (2015) telah berhasil menunjukan bahwa ekstrak daun berair keladi red star memiliki sifat antidiareal melalui efek anti-motilitasnya. Penelitian ini secara lebih lanjut kemudian membenarkan penggunaan ekstrak daun keladi red star dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sakit diare.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru