Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Flora
    Jawa Barat
    Obat Kucing
    Acalypha indica
    Manfaat Tumbuhan Kucing Galak

Identitas Penamaan

Kucing galak atau yang dikenal juga dengan nama anting - anting di Indonesia secara ilmiah dinamakan sebagai Acalypha indica. Kucing galak secara internasional dalam bahasa Inggris populer dengan nama Indian copperleaf

Nama genusnya Acalypa berasal dari bahasa Yunani ‘akaluphe’ yang berarti jelatang. Nama ini merujuk pada daunnya yang mirip jelatang (tumbuhan gulma dari genus Urtica). 

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Malpighiales

Family

Euphorbiaceae

Genus

Acalypha

Species

Acalypha indica

Asal

Hampir belum dapat dipastikan dari mana tumbuhan ini berasal. Namun Kew Science Royal Botanical Garden menyebutkan bahwa daerah jelajah asli spesies ini adalah Eritrea hingga Afrika Selatan, Semenanjung Arab hingga Asia tropis dan sub tropis. 

Deskripsi Bentuk dan Pertumbuhan

 Kucing galak atau anting - anting merupakan tumbuhan herba tahunan tegak yang dapat tumbuh dengan ketinggian hingga 1,2 m. Namun, umumnya tumbuhan ini tumbuh lebih kecil. 

Spesies tumbuhan ini memiliki bunga jantan dan bunga betina yang terletak di bagian atasnya. Bunga betinanya berwarna hijau dan dikelilingi oleh struktur yang menyerupai cangkir yang disebut bract dan terletak di dekat bagian bawah bunga. Sedangkan bunga jantannya berwarna putih kehijauan serta tidak memiliki bract seperti cangkir dan muncul di dekat ujung perbungannya. 

Daun - daunnya berbentuk telur bulat yang lebar dan terletak dalam susunan melingkar. Biasanya sebanyak 3 daun atau lebih menempel pada titik yang sama pada batangnya.

Tumbuhan ini biasanya dapat ditemui di tempat - tempat yang terganggu seperti lahan terlantar, pinggir jalan serta celah - celah dinding.

kucing galak - Acalypha indica - 3.jpg

Kegunaan Lain dan Manfaat Kucing Galak bagi Kesehatan

Nama populer spesies Acalypha indica di Indonesia yang lebih dikenal sebagai sebagai kucing galak terjadi karena kucing sangat menyukai tumbuhan ini terutama bagian akarnya. Hal ini terutama dikarenakan spesies ini memiliki efek yang dapat membantu melancarkan pencernaan kucing. 

Catatan penelitian lain yang ditulis oleh Kirom et al. (n.d.) menyebutkan bahwa spesies Acalypha indica atau kucing galak mengandung beberapa senyawa kandunga metabolit sekunder yang meliputi alkaloid, flavonoid, catachol, senyawa fenol, steroid dan saponin. Kandungan - kandungan tersebut kemudian dapat menghasilkan khasiat berupa efektivitas antioksidan, antikanker, antiviral, antidiabetes dan antijamur. 

Di Madagaskar, tumbuhan kucing galak yang dihancurkan digunakan untuk mengobati parasit pada kulit. Di Mauritius, getah daunnya yang dihancurkan dicampur dengan garam atau rebus tumbuhan untuk digunakan dalam membantu mengatasi penyakit kudis dan masalah kulit lainnya.

Di Afrika timur, getah daunnya digunakan sebagai obat tetes mata untuk mengobati infeksi mata. Sedangkan di Komoro, rebusan daunnya digunakan sebagai krim pijat untuk mengobati nyeri sendi. 

Meskipun begitu, sebuah penelitian menemukan bahwa jus segar atau rebus yang dibuat dengan menggiling tumbuhan ini dapat menyebabkan keracunan pada beberapa individu (NParks | Acalypha Indica, 2023). Selain itu, beberapa kandungan senyawa yang terkandung pada spesies ini dikatakan dapat menyebabkan perubahan warna darah menjadi cokelat tua serta iritasi saluran cerna pada kelinci.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru