first published at:
updated at:
    Setu Patok
    Flora

Identitas Penamaan

Taka secara ilmiah dalam bahasa Latin dinamakan sebagai Tacca leontopetaloides. Secara international dalam bahasa Inggris tanaman ini populer dengan nama Polynesian arrowrootFiji arrowrootEast Indies arrowrootpia atau seashore bat lily.

Di Indonesia, taka dikenal dengan beberapa ragam nama yang berbeda - beda sesuai dengan bahasa daerahnya. Masyarakat di kabupaten Belitung mengenal taka dengan sebutan nubong. Di Garut masyarakat menyebutnya sebagai jalawure, kecondang di Karimunjawa, oto’o di pulau Madura, dan lorkong atau toto’an di Kangean. 

Nama genusnya dalam bahasa Latin Tacca, diambil dari sebuah nama dalam bahasa Indonesia yaitu Taka. Sedangkan nama spesifiknya dalam bahasa Latin leontopetaloides merujuk pada bentuk kelopaknya yang menyerupai seekor singa (NParks | Tacca Leontopetaloides, 2024). 

Taksonomi

Kingdom

Plantae

Phylum

Tracheophyta

Class

Magnoliopsida

Order

Dioscoreales

Family

Dioscoreaceae

Genus

Tacca

Species

Tacca leontopetaloides

Asal

Dari mana sebenarnya asal tanaman taka hingga kini belum benar - benar dapat dipastikan. Namun beberapa peneliti meyakini bahwa kemungkinan taka berasal dari wilayah Malesia (bentang zona ekologi Indomalaya hingga Australasia yang meliputi negara Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, Filipina dan Papua Nugini) (Tacca Leontopetaloides Risk Assessment, 2024).

Taka kemungkinan dibawa oleh masyarakat Austronesia pada zaman prasejarah sebagai tanaman kano ke seluruh kawasan tropis Indo-Pasifik. Taka kemudian telah menjadi tanaman introduksi di kawasan tropis Afrika, Asia Selatan, Australian Utara dan Oceania. 

Deskripsi Bentuk dan Habitat 

Taka merupakan tumbuhan terna berumbi abadi yang terdiri atas batang rimpang yang darinya muncul hingga 3 daun bertangkai panjang. Daun - daunnya yang berlubang banyak memiliki helaian daun yang lebar dan berbentuk menyerupai tetesan air mata atau telur lonjong dengan setiap lobusnya berukuran hingga 70 x 120 cm.

Tunas bunganya memiliki tangkai dengan panjang yang dapat mencapai hingga sekitar 2 m. ada sekitar 40 bunga yang terkulai di bagian atas tangkainya.

Buah taka sebagian besar berbentuk seperti buah beri yang bulat dengan ukuran 3 x 1.5 sampai 2.5 cm. Warnanya akan berubah menjadi oranye pucat saat matang dan mengandung banyak biji. Biji - bijinya yang berusuk berwarna cokelat kekuningan dengan bentuk bulat pipih dan memiliki ukuran lebar 3 - 5 mm.

Taka dapat dijumpai dengan mudah di hampir sepanjang garis pantai pulau Jawa serta pulau lain di Indonesia. Selain tumbuh di area garis pantai, taka juga kadang dapat dijumpai di area hutan hujan di Indonesia.

taka - tacca leontopetaloides - 2.jpg

Taka dapat hidup pada berbagai jenis tekstur tanah. Namun, untuk tumbuh dengan baik taka menyukai kondisi tanah yang didominasi oleh pasir. Taka juga hidup secara soliter atau berkelompok di bawah naungan maupun pada area terbuka. Meskipun begitu, produksi umbi terbesar diperoleh pada tanaman di area terbuka (Lestari et al., 2014).

Kegunaan Taka sebagai Alternatif Bahan Pangan dan Manfaat Taka bagi Kesehatan

Taka memiliki keunggulan berupa umbi yang dapat menyimpan air dan karbohidrat. Hal ini menjadikannya sebagai tanaman potensial sumber karbohidrat alternatif untuk daerah kering dan pesisir pantai. Masyarakat yang tinggal di pesisir pantai terutama di pulau - pulau kecil memanfaatkan taka sebagai bahan pangan ketika gelombang pasang yang dapat menyebabkan pasokan bahan makanan tidak datang. 

 Masyarakat di kepulauan Karimunjawa juga telah memanfaatkan pati umbi taka untuk pembuatan bubur dan kue. Bagian tajuknya dimanfaatkan sebagai hijauan (Lestari et al., 2014).  

Taka dikatakan dapat menjadi bahan makanan pengganti beras dan terigu dengan kandungan pati yang mirip dengan kentang (adm-bappeda, 2024). Upaya pengolahannya menjadi bahan makanan telah dilakukan di Desa Terong Kecatamatan Sijuk Kabupaten Belitung. Taka diolah hingga menjadi terigu kemudian dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kue, roti dan mie.

Sebagai bahan makanan umbi taka melalui kandungan steroid taccalonolides dapat dimakan meskipun rasanya pahit. Oleh karena itu diperlukannya untuk dilakukan proses penyajian sebelum memakannya. Umbi taka umumnya diparut, dicuci dan dimasak dalam waktu lama sebelum dapat dikonsumsi (Tacca Leontopetaloides (L.) Kuntze | Plants of the World Online | Kew Science, 2024). 

Tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan alternatif pengganti sumber karbohidrat, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Rachmawati Rachmawati et al. (2022) berhasil ditemukan bahwa taka memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol. Adapun beberapa senyawa aktif yang terdapat pada taka diantaranya yaitu flavonoid, tanin, fenolik, steroid dan alkaloid. 

Selain mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, taka juga diketahui memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Berikut tabel kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman taka per 100g yang dirangkum oleh Wardah et al. (2017).

Analisis

Kandungan nutrisi/100g

Protein

 5.23

Lemak 

0,785

serat kasar 

1,85 %

Karbohidrat 

80,11 – 88,07 %

Energi 

334-369.165kkal/100g

mg 

221mg/100g

Fe 

6.185mg/100g

Ca 

283,2mg/100g

616.635mg/100g

233.105mg/100g

Kadar air 

15,65g/100g

kadar abu

 1,3g/100g

amilopektin 

53,28 %

amilase 

23%


Cetak catatan ini

Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru