Beri Dukungan
first published at:
updated at:
    Sains
    Pengetahuan

Tanah yang baik sangat penting untuk menumbuhkan tanaman yang sehat dan dapat memberikan dampak yang signifikan pada keberhasilan operasi pertanian atau perkebunan. Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa tanah yang baik merupakan komponen penting dari sistem pangan yang sehat dan berkelanjutan, serta merupakan pertimbangan penting bagi siapa pun yang terlibat dalam pertanian atau perkebunan.

Banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya kesehatan tanah yang tidak hanya memikirkan pada dampaknya bagi produksi pangan namun pula terhadap lingkungan dan keberlangsungan fungsi ekosistem.

Kesadaran - kesadaran yang terjadi pada masyarakat terkait kesehatan tanah kemudian memunculkan minat yang tumbuh dalam praktik pertanian berkelanjutan yang meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanah, seperti rotasi tanaman, penanaman penutup, dan pengurangan pengolahan tanah.

Ada beberapa ciri tanah yang baik untuk pertanian. Berikut ini beberapa ciri tersebut, yaitu:

  • Kaya unsur hara: Tanah yang baik untuk pertanian harus kaya akan unsur hara seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Nutrisi ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman.
  • Drainase yang baik: Tanah dengan drainase yang baik memungkinkan adanya kelebihan air yang mengalir keluar, mencegah genangan air dan membiarkan akar bernafas.
  • Kapasitas menahan air yang memadai: Tanah yang baik harus mampu menahan air cukup lama untuk tanaman dapat mengaksesnya, tetapi tidak terlalu banyak sehingga menjadi tergenang air.
  • Keseimbangan pH: untuk dapat menghasilkan produk tanaman yang baik dan optimal, pH tanah harus berkisar antara 6 hingga 7,5. 
  • Tekstur: Tekstur tanah pula tidak kalah pentingnya bagi pertumbuhan tanaman. Tanah yang baik harus memiliki komponen pasir, debu, dan liat yang seimbang.
  • Bahan organik: Tanah dengan kandungan bahan organik tinggi sangat ideal untuk pertanian. Bahan organik memperbaiki struktur tanah, kapasitas menahan air, dan ketersediaan unsur hara.
  • Kontaminan minimal: Tanah yang baik harus bebas dari kontaminan seperti logam berat dan polutan yang dapat membahayakan tanaman dan manusia.

Dengan memastikan unsur karakteristik - karakteristik tersebut ada pada tanah, petani dapat menciptakan lingkungan tumbuh yang optimal untuk tanaman mereka.


Bagikan catatan ini

Ikuti Studiofru | Green Project melalui media sosial untuk mendapatkan informasi singkat mengenai flora dan fauna

Catatan Terbaru